11 Oktober 2007

Unit Kegiatan Mahasiswa

Di samping kegiatan akademis, di tempat pendidikan STAN terdapat beberapa Badan Otonom dan Unit Kegiatan Mahasiswa yang dapat dijadikan oleh mahasiswa STAN untuk mengembangkan potensi diri dan sebagai ajang mengasah kemampuan dalam berorganisasi serta menambah ilmu, pengetahuan, wawasan dan pengalaman. Badan Otonom dan Unit Kegiatan Mahasiswa yang ada di Kampus STAN Jakarta adalah sebagai berikut :

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)

BEM STAN merupakan organisasi mahasiswa yang berperan sebagai pelaksana amanat Ikatan Keluarga Mahasiswa Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (IKM-STAN). Dalam melaksanakan tugasnya, BEM mengkoordinasikan seluruh kegiatan mahasiswa STAN dan berbagai wadah mahasiswa STAN yang diselaraskan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Badan Legislatif Mahasiswa (BLM)

BLM STAN merupakan wujud dari perwakilan mahasiswa STAN yang dipilih langsung oleh mahasiswa STAN untuk melaksanakan pengendalian kegiatan BEM STAN. BLM STAN merupakan struktur tertinggi dalam keorganisasian mahasiswa Kampus STAN. Fungsi BLM STAN dipertanggungjawabkan dalam Rapat Akbar Keluarga Mahasiswa (RAKM) STAN.

Koperasi Mahasiswa (Kopma) STAN

KOPMA STAN merupakan wadah perkoperasian mahasiswa dalam Kampus STAN yang didirikan secara resmi sebagai badan hukum pada tanggal 4 Desember 1989 dengan nomor badan hukum No.2437/B.H/I yang ditetapkan oleh Kepala Kanwil Departemen Koperasi Propinsi DKI Jakarta. KOPMA STAN didaftarkan dalam Daftar Umum Kanwil Departemen Koperasi Propinsi DKI Jakarta pada tanggal 1 Desember 1989.

Himpunan Mahasiswa Spesialisasi

  • Himpunan Mahasiswa Akuntansi (Himas)
    Organisasi ini merupakan wadah aktivitas mahasiswa Prodip Keuangan Spesialisasi Akuntansi.
  • Ikatan Mahasiswa Pajak (IMP)
    Organisasi ini merupakan wadah aktivitas mahasiswa Prodip Keuangan Spesialisasi Pajak.
  • Korps Mahasiswa Bea dan Cukai (KMBC)
    Organisasi ini merupakan wadah aktivitas mahasiswa Prodip Keuangan Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai.
  • Himpunan Mahasiswa Penilai (HMP)
    Organisasi ini merupakan wadah aktivitas mahasiswa Prodip Keuangan Spesialisasi Pajak Bumi dan Bangunan.
  • Himpunan Mahasiswa Pengurusan Piutang dan Lelang Negara (Hima-PPLN)
    Organisasi ini merupakan wadah aktivitas mahasiswa Prodip Keuangan Spesialisasi Pengurusan Piutang dan Lelang Negara.
  • Forum Komunikasi Mahasiswa Anggaran (Fokma)
    Organisasi ini merupakan wadah aktivitas mahasiswa Prodip Keuangan Spesialisasi Kebendaharaan Negara.

Lembaga Keagamaan

  • Masjid Baitul Maal (MBM)
    Masjid Baitul Maal adalah nama sebuah masjid di lingkungan Badan Diklat Keuangan yang dulunya terletak di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Pada tahun 1987 ketika pendidikan dipindahkan ke Jurangmangu (Bintaro) hingga saat ini, aktivitas MBM ikut berpindah dengan membangun sebuah masjid baru di lokasi Kampus STAN di Jurangmangu. Kegiatan MBM antara lain yaitu kajian mingguan dan bulanan, pelaksanaan sholat Jumat, mentoring, pengumpulan zakat, infaq, shodaqoh, dsb.
  • Persekutuan Mahasiswa Kristen (PMK)
    PMK adalah lembaga keagamaan yang mengkoordinasikan semua kegiatan keagamaan bagi mahasiswa Kristen. Kegiatannya antara lain yaitu kebaktian PMK, persekutuan doa, kelompok kecil pemuridan, aksi sosial, perayaan paskah dan natal bersama, dsb.
  • Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK)
    KMK adalah lembaga keagamaan yang mengkoordinasikan semua kegiatan keagamaan bagi mahasiswa Katolik. Kegiatannya antara lain yaitu misa kampus, doa rosario, malam keakraban, perayaan paskah dan natal bersama, dsb.
  • Keluarga Mahasiswa Hindu dan Budha (KMHB)
    KMHB adalah lembaga keagamaan yang beranggotakan seluruh mahasiswa yang beragama Hindu dan Budha. Kegiatannya antara lain yaitu diskusi keagamaan, tirtayatra, persembahyangan bersama, peringatan Nyepi dan Waisak, dsb.

Stapala

Stapala merupakan organisasi pecinta alam STAN yang berdiri sejak 24 Nopember 1979. Kegiatannya antara lain yaitu peringatan 17 Agustus di puncak gunung, pelepasan ajun / wisuda rimba, perkemahan umum, donor darah, dsb. Prestasi Stapala yang telah dicapai yaitu pendakian Mount Blanc Perancis, Matterhorn Swiss, Mount Cook New Zealand, Kilimanjaro Afrika Selatan dan ekspedisi-ekspedisi lainnya.

STAN-Prodip English Conversation Club (SPECC)

Wadah yang didirikan sejak tahun 1983 ini ditujukan untuk mempraktekkan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari sehingga kemampuan bahasa Inggris para anggotanya dapat ditingkatkan. Kegiatannya antara lain yaitu seminar dalam bahasa Inggris, test TOEFL, outing program, dan a day in English. Prestasi SPECC yang telah diraih yaitu juara I Guessing Word Contest dan juara II Debating yang diselenggarakan LIA-E club 1994 serta juara II Debating Contest antar perguruan tinggi se-Indonesia di ITB Bandung 2000.

STAN-Prodip Computer Club (SPCC)

Organisasi yang dibentuk tanggal 17 Nopember 1997 ini merupakan kumpulan mahasiswa STAN yang memiliki minat dan perhatian terhadap perkembangan Information Technology terutama yang berbasis komputer. Kegiatannya antara lain yaitu tutorial, diskusi, warnet, even-even seputar IT, mengelola situsweb STAN, dsb.

Syariah Accounting and Finance Forum (SHAFF)

SHAFF merupakan lembaga kajian ekonomi Islam yang didirikan pada tanggal 7 Juli 2000 yang pada saat berdiri bernama ISES (Islamic Studies for Economic Society). Kegiatannya antara lain yaitu seminar ekonomi syariah, kuliah informal akuntansi syariah (KIAS), forum diskusi ekonomi Islam antar-kampus, kajian internal, dsb.

STAN Capital Market Club (STAN-CMC)

STAN-CMC merupakan pusat informasi, penelitian, pendidikan, konsultasi dan investasi di bidang pasar modal bagi civitas akademika STAN dan masyarakat sekitarnya. STAN-CMC merupakan ajang aplikasi langsung atas teori-teori pasar modal yang telah diperoleh mahasiswa di bangku kuliah.

STAN Audit Club (SAC)

SAC merupakan tempat berlatih bagi mahasiswa dalam mempraktekkan ilmu auditnya sehingga tidak hanya bisa pandai berteori di dalam kelas, tapi juga mampu mengaplikasikan teori tersebut dalam pelatihan-pelatihan yang dilaksanakan SAC.

Olahraga Seni Beladiri

Dalam lingkungan Kampus STAN Jakarta terdapat pelatihan olahraga beladiri untuk menggembleng fisik dan mental para mahasiswa. Beberapa perguruan beladiri yang terdapat di Kampus STAN Jakarta yaitu :

  • Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
  • Perguruan Pencak Silat Beladiri Tangan Kosong Merpati Putih
  • Persaudaraan Setia Hati Terate
  • Lembaga Seni Pernafasan Satria Nusantara
  • Taekwondo Indonesia
  • Kungfu Muslim Amar Ma’ruf Nahi Munkar
  • Olahraga Beladiri Thifan Pokhan
  • Kyokushin Karate Indonesia

Berbagai prestasi telah diraih oleh anggota beladiri STAN tersebut, antara lain yaitu Juara II Kategori Kerapian Teknik Beregu pada Kejuaraan Silat Perisai Diri Antar-Perguruan Tinggi (Piala Ibu Tien Soeharto) di Universitas Airlangga Surabaya tahun 1997, predikat Lulusan Terbaik dalam beberapa kali penyelenggaraan Ujian Kenaikan Tingkat Perisai Diri di Jakarta, penyelenggara Kejuaraan Taekwondo Antar-Perguruan Tinggi se-Jabotabek di Kampus STAN tahun 1999, dsb.

Pion STAN-Prodip (PSP)

Klub catur yang ini berdiri pada tanggal 22 September 1998 mempunyai visi menumbuhkan dan menyalurkan bakat dan minat mahasiswa dan anggota klub agar sportif dan profesional di bidangnya. PSP mengirimkan anggotanya untuk menjadi anggota sekolah catur GM Utut Adianto.

Teater Alir

Kelompok teater di STAN ini berdiri pada pertengahan Juni 1998. Latihan rutinnya diadakan setiap minggu yang dibimbing oleh alumni IKJ (Institut Kesenian Jakarta). Alir telah tampil di beberapa even, antara lain Lakon Baru pada Information Day 99, Ayahku Pulang pada Pentas Musik Pajak, dsb.

STAN-Prodip Sport Club (SPSC)

Bidang yang diliputi yaitu sepak bola, bola basket, bola voli, bulu tangkis dan tenis meja.

posted by Agus Win @ 10.22  

Website ini bukan website resmi milik STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara) maupun Departemen Keuangan RI

Informasi dalam website ini, terutama mengenai nomor rekening untuk pendaftaran Ujian Saringan Masuk, mohon di-cross check kembali di pengumuman resmi penerimaan mahasiswa baru STAN yang diterbitkan oleh Sekretaris Jenderal Depkeu RI atau Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan.


Menu

H O M E

Ujian Saringan Masuk (USM)

Pelaksanaan Pendidikan

Penempatan Lulusan :
- Akuntansi
- Pajak
- Pajak Bumi dan Bangunan
- Kepabeanan dan Cukai
- Kebendaharaan Negara
- Kepiutanglelangan

Unit Kegiatan Mahasiswa

Pengumuman

Webmaster

Links

Departemen Keuangan RI

Direktorat Jenderal Pajak

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai

Direktorat Jenderal Perbendaharaan

Inspektorat Jenderal Depkeu RI

Badan Diklat Keuangan (BPPK)

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN)



Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)

Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP)

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

Komisi Ombudsman Nasional



Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN)

Pusat Pengembangan Akuntansi dan Keuangan (PPAK) STAN

Ikatan Alumni Pendidikan Tinggi Kedinasan Departemen Keuangan (IKAPTKDK)

STAN Cimahi

Mahasiswa-STAN.web.id

Konsorsium Nusantara TryOut USM STAN

STAN-Prodip.info

STAN-Prodip.com





Blogger

Free Blogger Templates

Blogger templates